Kenagan Terindah...

Kenagan Terindah...

Yang Cute Miut..

Google Translate

Friday, May 20, 2011

Buah Delima


Tau tak korang khasiat buah Delima ni ? Khasiat Delima ni atau nama saintifik nye adalah Punica granatum L. Menurut American Journal of Clinical Nutrition (2003) seseorang yang minum 200ml/hari selama satu minggu berturut-turut bakal meningkatkan aktivitis antioksidan sekitar 9%. Zat ini sangat bermanfaat untuk mencegah dan mengubati berbagai jenis penyakit kanser. Dalam konferensi kanser yang diadakan American Association for Cancer Research (AACR), November 2003 diapaparkan temuan bahawa ekstrak buah delima boleh membantu menyembuhkan dan mencegah kanser kulit.

Majalah Time edisi Desember 2003 pun pernah mengupas habis khasiat biji delima. Dalam 100 gram biji buah delima terkandung 259 mg kalium, 63 kal energi metabolis dan 30 mg Vitamin C. Disebutkan pula kalau buah ini memiliki kandungan Flavonoid yang cukup tinggi. Flavonoid merupakan jenis antioksidan kuat, yang amat berperanan dalam menurunkan radikal bebas, sehingga bisa memberi perlindungan terhadap penyakit jantung dan kanser kulit. Kandungan antioksidan dalam satu gelas jus delima lebih banyak ketimbang segelas red wine, green tea, dan orange juice.

Sejak itulah budi daya tanaman delima berkembang pesat di AS, terutama diCalifornia. Empat
biji buah delima dapat diolah menjadi sebotol pom wonderful yang dijual dengan harga empat dolar AS (sekitar Rp. 38.000) / botol. Pom wonderful kini menjadi tren minuman kesihatan di AS. Rasanya yang segar,manis dan kesat membuat banyak konsumen tertarik. Apalagi mengingat khasiatnya yang bagus untuk kesihatan. Material yang digunakan adalah biji buah delima berwarna merah bukan putih sebagaimana dijumpai di Indonesia. Khasiat sari buah delima selain mengubati penyakit kanser juga untuk mengubati penyakit cacing dan diare (kulit akar dan kulit batangnya mengandung alkaloid peliterin). Air rebusan bunga bisa untuk meredakan sakit gigi.

Kulit akar, kulit batang, kulit buah mengandungi zat penyamak tanin yang berkhasiat mengecikan pori-pori, antiseptik, dan hemostatik (keputihan). Kadar tanin tertinggi terdapat pada kulit akar (28 %), sedangkan kulit buah (26 %). Menurut Anorital dan Yuningprapti (1995) kulit buah delima termasuk golongan slightly toxic serta memiliki daya anti bakteria terhadap salmonella typhi: penyebab penyakit typus. (sumber : http://www.scribd.com/doc/50535524/22/KHASIAT-BUAH-DELIMA-Punica-granatum-L)


Selain itu, buah Delima berasal dari Timur Tengah, tersebar di daerah sub tropik sampai tropik, dari dataran rendah sampai di bawah 1000 m dpl. Tumbuhan ini menyukai tanah gembur yang tidak terendam air, dengan air tanah yang tidak dalam. Delima sering ditanam di kebun-kebun sebagai tanaman hias, tanaman obat, atau karena buahnya yang dapat dimakan.

Berupa perdu atau pohon kecil dengan tinggi 2-5 meter. Batang berkayu, ranting peregi, percabangan banyak, lemah, berduri pada ketiak daunnya, coklat ketika masih muda, dan hijau kotor setelah tua. Daun tunggal, bertangkai pendek, letaknya berkelompok. Helaian daun bentuknya lonjong sampai lanset, pangkal lancip, ujung tumpul, tepi rata, pertulangan menyirip, permukaan mengilap, panjang 1-9 cm, lebar 0,5-2,5 cm, warnanya hijau.

Bunga tunggal bertangkai pendek, keluar dari ujung ranting atau ketiak daun yang paling atas. Biasanya terdapat satu sampai lima bunga, warnanya merah, putih atau ungu. Berbunga sepanjang tahun. Buahnya buah buni bentuknya bulat dengan diameter 5-12 cm, warna kulitnya beragam seperti hijau keunguan, putih, cokelat kemerahan atau ungu kehitaman. Kadang, terdapat bercak-bercak yang agak menonjol berwarna lebih tua. Bijinya banyak, kecil-kecil, bentuknya bulat panjang yang bersegi-segi agak pipih, keras, tersusun tidak beraturan, warnanya merah, merah jambu atau putih.

Dikenal tiga macam delima, yaitu delima putih, delima merah dan delima ungu. Perbanyakan dengan stek, tunas akar atau cangkok. (Sumber : http://greenlove-ind.org/index.php?option=com_content&view=article&id=1516:khasiat-buah-delima&catid=65:herbal )

atau selainya.. buah delima juga adalah salah satu buah yang terdapat di dalam syurga yang kaya dengan unsur zat besi sebagaimana firman Allah: (Q:55:6)

Maksudnya : "Pada keduanya juga terdapat buah-buahan serta pohon-pohon kurma dan delima. Buah delima atau dari segi saintifiknya Punica granatum mempunyai pelbagai keistimewaan, selain dari sedap dimakan , ia juga mempunyai kebaikan dari segi kesihatan."

Zat besi yang terdapat dalam buah delima dianggap sebagai unsur penting dalam pembentukan darah merah. Seseorang yang kekurangan zat besi akan mengalami penyakit anemia. Dengan hanya sebiji buah delima mampu memberi khasiat yang banyak kepada kita. Buah Delima mempunyai kadar antioksidan yang paling tinggi diantara buah-buahan yang lain.

Delima, sejenis buah lain yang disebutkan di dalam Al-Qur`an, mengandung potassium yang besar volumenya, selain dari mineral-mineral lain seperti fosfor, kalsium, besi, dan sodium, dan vitaman-vitamin A, B1, B2, B3, dan C. Bereaksi bersama sodium, potassium mengatur ekuilibrium air tubuh dan menjaga detak jantung agar tetap normal.. (bagi ibu dan perkembangan fetusnya).

Dengan memelihara keseimbangan kadar potassium-sodium, buah ini juga menunjang kepekaan saraf dan otot agar berfungsi secara teratur (kajian mendapati rahim wanita lebih utuh/kuat sesuai dengan kepekaan nya menunjang pergerakan bayi yg dikandung) , mencegah edema, dan mengurangi kadar gula yang beredar di dalam darah (ibu yang baru pertama kali mengandung atau lebih dari 3 kali pregnancy). Delima menghilangkan rasa letih otot dan memungkinkannya bergerak dengan mudah, dan juga menguatkan jantung.

Antara kebaikannya yang lain:

menghalang pembentukan sel kanser
mencantikkan kulit
mencegah dr nyanyuk
memberi tenaga
elok utk pesakit tekanan darah tinggi dan rendah
elok utk sistem penghadaman
mngurangkan berat badan
prevent morning sickness(utk org mengandung)
memperelokkan rahim

No comments:

Post a Comment